Senin, 24 September 2012

Pertanyaan dan Jawaban Kelompok : 09



1. Mengapa pencemaran udara dapat menyebabkan hujan asam?
2. Mebutkan hal - hal yang bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah?
3. Apa penyebab dari anemia?
4. Bagaimana udara dapat mempertahankann suhu tubuh agar tetap normal?
5. Bagaimana cara hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat membuang hasil metabolisme?
Jawaban :
1.   1).Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta    nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri, pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia). Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah. Kemudian, meningkatnya unsur SO2 dengan NOx yang berasal dari aktifitas industry pabrik dan lain-lainnya mengakibatkan terjadinya hujan asam.

2.       2). Dilansir Livestrong, Senin (3/1/2011), berikut beberapa nutrisi penting yang dapat meningkatkan oksigen dalam darah:

1. Zat besi
Anemia terjadi karena kadar zat besi dalam tubuh rendah dan menyebabkna menurunnya tingkat hemoglobin, yaitu pembawa oksigen dalam darah. Hal ini bisa mengakibatkan hipoksemia.

University of Maryland Medical Center merekomendasikan makanan kaya zat besi seperti daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, roti gandum dan pasta yang diperkaya zat besi untuk mengobati anemia. Dengan demikian juga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah.


2. Diet rendah lemak
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makanan tinggi lemak dapat menyebabkan resistensi insulin dan sleep apnea (gangguan bernapas saat tidur).

Sleep apnea bisa terkait dengan faktor-faktor risiko hipoksemia. Untuk itu, makan serat tinggi, diet rendah lemak dengan memperbanyak buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

3. Buah dan sayuran
Sebuah artikel yang diterbitkan Cancer Active mengungkapkan bahwa lingkungan asam dalam darah dapat menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dan meningkatkan risiko kanker tertentu.

Konsumsi air basa dalam buah dan sayuran yang kaya kalium dan magnesium sebagai pisang, kentang, tomat dan sayuran berdaun hijau, dapat membantu mengurangi keasaman dan mengobati hipoksemia.

Buah-buahan dan sayuran, menurut MayoClinic.com, juga merupakan sumber tinggi antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, yang melindungi sel-sel darah pembawa oksigen terhadap efek berbahaya dari radikal bebas.

4. Diet rendah natrium
Menurut studi yang diterbitkan Hypertension, makanan rendah natrium dapat mengakibatkan meningkatnya oksigenasi ginjal melalui darah. Diet rendah natrium adalah untuk mengurangi asupan natrium sampai kurang dari 2000 mg per hari dan memperbanyak buah dan sayuran, kacang, kacang polong, kacang-kacangan dan biji-bijian. (mer/ir)

3.       3). Penyebab dari anemia adalah kadar oksigen dalam darah yang berkurang karena berbagai alasan, antara lain karena asma, gangguan paru-paru dan juga kekurangan zat besi serta nutrisi-nutris yang terdapat pada jawaban no 2.

4.     4). Bagi tubuh, udara berfungsi untuk pernafasan, mensuplai gas oksigen ke paru-paru yang kemudian diserap oleh darah , mengandung hemoglobin lalu diangkut ke seluruh tubuh sebagai supplier oksigen bagi sel-sel seluruh tubuh. Hasil pertukaran gas ini dibawa kembali ke dalam paru-paru, udara yang dihembuskan berupa udara pernafasan dengan kadar karbondioksida yang bertambah, oksigen dan juga dijumapi adanya uap air.
Fungsi udara yang lain, yakni mempertahankan suhu tubuh agar dalam keadaan normal dengan mekanisme secara fisik. Saat udara luar mengalami peningkatan temperature maka tubuh mengeluarkan keringat. Sebaliknya bila suhu udara menjadi lebih dingin, buang air kecil maka akan semakin bertambah. Di dalam tubuh akan dihasilkan energy ditambah panas. Adapula energy yang hilang dalam bentuk panas yang disebut kehilangan panas tubuh (heat-loss). Kehilangan panas tubuh secara konveksi, radiasi dan penguapan berkaitan erat dengan udara sekitar kita. Pada temperature 50Oc tubuh tidak akan mengimbanginya lagi, tetapi pada suhu -400c tubuh atau manusia akan mengimbanginya dengan pakaian rangkap dan mengigilkan badan untuk mempertahankan suhu tubuh. Dengan suhu tubuh tertentu badan merasa segar akibat dari aktivitas tubuh beristirahat. Pada tubuh manusia dijumpai mekanisme penguapan uap air melalui paru-paru dan kulit beserta alat kelenjar keringat.

5.    5). Bagi hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat seperti anjing akan membuang hasil metabolism lebih banyak mempergunakan alat pernafasan sehingga frekuensi bernapas akan terjadi berpuluh kali lipat tetapi dalam keadaan normal.

0 komentar:

Posting Komentar

Siguiente Anterior Inicio

Sample Text

About

Blogger news

Anggota Kelompok

dariziva 06 adalah Ricky Gunawan, Qotrun Nada, Fauziah Fajru Rachma, dan Nur Azizah Agustianih.

BTricks

Blogger templates

Featured Video

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers

About Me

Foto saya
kami beranggotakan 4 orang yang merupakan mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Kimia, angkatan Tahun 2010..tepatnya sekarang sedang menjalankan tugas sebagai mahasiswa/i semester 5... sejarah hadirnya blog ini berawal dari salah satu tugas mata kuliah Kimia Lingkungan dengan Pak Adi Riyadhi, M.Si selaku dosen kami..kami menggunakan nama dariziva.06 ini karena merupakan singkatan dari masing-masing personel, mw tau ??? cekidot :D da: Qotrun Nada ri: Ricky Gunawan zi: Nur Azizah Agustianih fa: Fauziah Fajru Rachma dan 06 karena kami kelompok 6..hhe semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari blog kami ini..
 
Dari Kami, Untuk Kita Semua Copyright © 2010 | Designed by: Compartidisimo