Kamis, 06 September 2012

Mengenal Makanan Sehat

Makanan Yang Sehat, Hidup Yang Sehat - Untuk Hidup Yang Lebih Baik

         Makanan adalah suatu kenikmatan dalam hidup. Di negara kita, khususnya kota-kota besar, kita beruntung sekarang bisa menikmati banyak sekali variasi makanan, dari yang murah sampai yang mahal, dari masakan Indonesia, masakan dari daerah-daerah dengan aneka rasa, sampai pada masakan yang berasal dari manca negara.
          Bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya kepadatan penduduk menimbulkan problem baru dalam hal higiene sanitasi, edukasi, ekonomi, serta sosial. Semua hal di atas akan mengakibatkan makin bertambahnya kasus-kasus penyakit serius akibat kesalahan memilih makanan.
     Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan menyebabkan berbagai penyakit bermunculan, antara lain diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke, bahkan kanker.

           Penyakit akibat kesalahan makanan ini bukan hanya milik kalangan atas atau kaum kaya, tetapi juga bisa didapatkan pada masyarakat yang kurang mampu akibat kurang pengetahuan akan makanan yang sehat.

Apa itu Makanan Sehat ?
      Saat ini banyak orang menawarkan obat-obatan atau suplemen yang disebut sebagai Makanan Sehat, dengan pemasaran secara multi level marketing disertai iming-iming bonus yang menggiurkan, banyak orang mengkonsumsi obat tersebut tanpa mau memperhatikan lagi bagaimana hidup yang sehat dengan cara memilih makanan yang baik.
          Disamping itu, banyak orang ingin secara instant menurun- kan berat badan dalam sekejap mata, misalnya menghadapi suatu acara pernikahan atau event tertentu, lalu minum obat pelangsing dan diet ekstra ketat tanpa konsultasi ke dokter dengan akibat gangguan pada kesehatannya.
          Diet ekstra ketat bisa membuat anda kurang gizi, dan hati-hati nanti timbul sindrom yo-yo, dimana berat badan kembali naik lagi begitu anda lepas diet dan “balas dendam” makan banyak lagi. Yang dimaksud dengan makanan yang sehat adalah makanan yang tidak membuat kita underweight atau overweight, tetapi membuat berat badan kita normal atau ideal.
       Disamping itu makanan sehat tidak membuat kita mengalami kolesterol atau gula darah tinggi, tetapi pada pemeriksaan darah secara berkala, gula, lemak, dan asam urat tetap terkontrol baik, tidak memperburuk fungsi organ penting tubuh, serta tekanan darah kita menjadi lebih stabil.
pemeriksaan darah secara berkala, gula, lemak, dan asam urat tetap terkontrol baik, tidak memperburuk fungsi organ penting tubuh, serta tekanan darah kita menjadi lebih stabil.

Nikmati Makanan Sehat

       Ada orang yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat, kebanyakan mereka akan gagal karena mencapai berat badan ideal butuh kesabaran dan ketekunan. Ada pula orang yang membenci diet karena takut jadi kelaparan, pengertian ini sangat keliru karena berdiet adalah mengubah komposisi makanan dan bukan mengurangi makan.  
       Makanan kaya serat seperti sayur, buah, dan roti gandum perlu dikunyah lebih lama, dan dibandingkan dengan makanan berkalori tinggi seperti makanan berlemak dan manis, makanan kaya serat biasanya membuat kita lebih lama kenyang, karena butuh waktu yang lebih lama untuk mencernakannya di perut.
      Sayur dan buah adalah snack atau fastfood yang ideal untuk kesehatan, pikirkan buah kesukaan anda, kemudian anda tinggal mencuci, mengupas, dan menikmatinya. Sayur dan buah mengandung kalori rendah, sekitar 35 kalori per 100 gram, beda sekali bila dibandingkan dengan kentang goreng yang mengan- dung lebih dari 500 kalori per 100 gram.
       Salad adalah makanan sayur dan buah yang sehat, murah, dan mengenyangkan, namun perhatikan jangan memakai dressing yang banyak lemak dan garam.
       Sebelum menu utama, biasakan menikmati dulu salad atau sup rendah kalori, agar tidak berlomba-lomba menghabiskan makanan utama (main course) yang tersedia.

http://www.domeclinic.com/artikel.html

0 komentar:

Posting Komentar

Siguiente Inicio

Sample Text

About

Blogger news

Anggota Kelompok

dariziva 06 adalah Ricky Gunawan, Qotrun Nada, Fauziah Fajru Rachma, dan Nur Azizah Agustianih.

BTricks

Blogger templates

Featured Video

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers

About Me

Foto saya
kami beranggotakan 4 orang yang merupakan mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Kimia, angkatan Tahun 2010..tepatnya sekarang sedang menjalankan tugas sebagai mahasiswa/i semester 5... sejarah hadirnya blog ini berawal dari salah satu tugas mata kuliah Kimia Lingkungan dengan Pak Adi Riyadhi, M.Si selaku dosen kami..kami menggunakan nama dariziva.06 ini karena merupakan singkatan dari masing-masing personel, mw tau ??? cekidot :D da: Qotrun Nada ri: Ricky Gunawan zi: Nur Azizah Agustianih fa: Fauziah Fajru Rachma dan 06 karena kami kelompok 6..hhe semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari blog kami ini..
 
Dari Kami, Untuk Kita Semua Copyright © 2010 | Designed by: Compartidisimo